Haji Tahun Depan Mulai Dicoba Gunakan Monorail

>> Rabu, 19 Mei 2010

Sekitar 30 persen fasilitas transportasi jamaah haji tahun depan menggunakan monorail dan akan dicoba dua bulan ini..

Jika tak ada aral-melintang, mulai tahun depan para jamaah haji sudah bisa menikmati transportasi monorail yang menghubungkan Mekah, Madinah, dan Jeddah.

Pernyataan ini disampaikan Direktur Muasasah Asia Tenggara, Syeikh Zubair Abdul Hamid Mukhtar Sedayu di Mekah belum lama ini. Meski demikian, kemungkinan penggunakan monorail itu tak berjalan semuanya. Kebutuhan pembangunan media transportasi itu diperkirakan baru akan rampung tahun 2012, sebagian akan dicoba untuk para jamaah haji tahun depan.

“30 persen akan menggunakan monorail dan akan dicoba dua bulan ini,“ ujar pria kelahiran Jawa Timur ini saat menerima rombongan asal Indonesia.

Sebagaimana diketahui, pemerintahan Saudi telah menandatangani nota kesepahaman dengan Konsorsium Al-Arab yang ditunjuk membangun proyek mega riyal tersebut. Untuk pembangunan infrastruktur jalur kereta api, Arab Saudi menggandeng perusahaan China. Sementara penyedia kereta apinya dipercayakan kepada Prancis.

China telah memenangkan kontrak pembangunan monorail senilai 1,8 miliar dollar AS yang dipersiapkan sebagai sarana transportasi dan jalur pengangkutan jemaah haji di sekitar kota suci Islam, Mekkah, Arab Saudi.

Pantauan hidayatullah.com saat berkeliling Mekkah, Jedah, Thaif, dan Madinah, jalur kereta itu sudah mulai dipasang.

Abdul Hamid mengaku, selain akan dicoba menggunakan monorail, Muasasah Asia Tenggara juga telah menyiapkan sekitar 410 kendaraan, meliputi bus, mobil, dan ambulan untuk menangani jemaah.

Meski tugas Muasasah Asia Tenggara mencakup sekitar 15 negara di kawasan Asia, Abdul Hamid mengaku mayoritas (75 persen) jemaah haji datang dari Indonesia.

Saat ditanya bagaimana tugas Muassasah untuk menekan angka kematian dan kemungkinan gagal dalam tugas, Abdul Hamid mengatakan, urusan gagal ada di tangan Allah. Meski demikian, pihaknya akan tetap bekerja secara maksimal melayani jemaah haji.

Ia mencontohkan, tahun kemarin angka kematian haji tahun 2010 menurun 50% dibanding tahun sebelumnya.

0 komentar:

About This Blog

Lorem Ipsum

  © Blogger templates Palm by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP